Horsepower, Prioritas Utama Yamaha

Yamaha M-1 2007Kita telah melihat bagaimana Stoner dengan Ducatinya yang sangat powerful mengasapi motor Yamaha milik Rossi head-to-head di trek lurus Losail, Qatar pada awal musim 2007.

Performa motor Yamaha memang sangat buruk. Maka tak salah jika di musim 2008, pabrikan asal Jepang ini memprioritaskan peningkatan pada tenaga (horsepower) motor sebagai aspek yang harus dibenahi.

Pembenahan tersebut tak terlepas dari kritik Valentino Rossi. Ia menilai performa motor Yamaha tidak kompetitif jika dibandingkan Ducati.

Rossi pun meminta Yamaha memperbaiki YZR-M1-nya untuk musim 2008, tentunya dengan meningkatkan kelajuan dan daya tahan motor. Permintaan tersebut pun langsung disambut.

“Kami butuh meningkatkan, baik itu mesin maupun elektroniknya. Kami sudah masuk dalam tahap lanjutan untuk sistem elektronik yang menunjang motor, tapi prioritas utama saat ini ini adalah meningkatkan tenaga dengan efisiensi bahan bakar yang sama,” ujar bos Yamaha Masao Furusawa.

“Menurut saya kontrol gesekan (pada mesin) kami cukup bagus, tapi kami masih harus meminimalkannya, terutama untuk posisi dan silinder.”

“Mesin kami saat ini juga mendekati pada posisi critical piston speed,” ungkap Furusawa lagi.

Apapun itu, yang pasti Rossi butuh motor yang cepat. Soalnya ia tak ingin lagi untuk ketiga kalinya dipecundangi dan gagal menambah koleksi titel juara dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: