Kawasaki ‘Meyakinkan’ Mengenai Perebutan Gelar di Musim 2009

Kawasaki Racing TeamsManajer kompetisi tim Kawasaki Michael Bartholemy ‘dengan sepenuhnya meyakini’ bahwa Tim Hijau akan menerima tantangan untuk perebutan gelar juara dunia MotoGP musim 2009.

“[Pada penghujung musim 2008] saya akan mengatakan bahwa setelah satu musim yang sukses, kami kini siap untuk melakukan perebutan gelar juara dunia musim 2009. Saya yakin dapat melakukannya. Dengan keyakinan penuh,” ujar Bartholemy kepada situs MotoGP Kawasaki, ketika diminta untuk meramalkan masa depan Tim Kawasaki.

“Kami mempunyai beberapa orang-orang terbaik di tim Kawasaki dan saya berpikir kami merupakan tim terbaik di MotoGP. Kami sudah pernah melewati pasang surut bersama-sama, kami sudah menciptakan suatu sepeda motor yang hebat dan membangun sebuah tim pabrikan: saya merasa sangat bangga pada mereka semua.

“Setelah berpisah dari Harald Eckl pada penghujung tahun 2006, Bartholemy memimpin sebuah restrukturisasi tim utama pabrikan — dan menghadapi suatu tantangan serius untuk memasang sesuatu yang baru, untuk perlengkapan start kejuaraan dunia musim 2007.

Di samping pergolakan, dan pergantian rider di paruh musim 2007, Kawasaki dan mesin 800cc ZX-RR nya yang baru telah melampaui harapan, yang memberikan Bartholemy mencapai targetnya untuk merayu John Hopkins dari Suzuki untuk musim 2008. Pada gilirannya, Hopkins meyakinkan para rekan kerja Bartholemy’s dengan empat podium MotoGP dan posisi keempat pada klasemen akhir kejuaraan dunia musim 2007.

“Saya sebenarnya mengambil keputusan itu dengan Hopper pada bulan April, dan pada saat itu bukanlah hal yang mudah untuk meyakinkan orang-orang di sekamirku agar bisa membuat langkah tersebut: hasilnya belum yang terbaik,”ujar Bartholemy.

“Tetapi, pada pengujung akhir lomba di Valencia, saya pergi ke mobil trailer-ku dan melihat tabel poin-poin terakhir. Pertama, Casey Stoner, yang tetap di Ducati; kemudian Pedrosa, juga tetap di Honda; kemudian Rossi, telah memperpanjang kontraknya dengan Yamaha. Dengan kata lain, pengendara yang pertama di tabel itu , pengendara yang menghasilkan poin tertinggi yang belum memiliki kontrak untuk musim 2008 dengan tim lain, adalah Hopkins, yang kami telah memilihnya pada bulan April lalu, dan ia ingin bergabung Kawasaki. Itu mengartikan sesuatu.”

“Dan bukan hanya dia satu-satunya yang tertarik,” lanjutnya. “Saya berpikir barangkali itu adalah kali pertama Kawasaki merupakan suatu pilihan terbaik untuk mereka. Secara pasti, Musim 2007 telah mengubah hidup kami. Dan telah mengubah pandangan orang lain terhadap kami di MotoGP, sebab sekarang mereka merasa kami adalah tim pabrikan yang pantas.

“Setelah satu tahun ‘perbaikan’, Bartholemy percaya bahwa kelengkapan Tim Kawasaki yang baru saat ini mendekati hampir 100 persen.

“Sebelumnya dilaporkan bahwa, Kawasaki telah memilih untuk mengembangkan mesin 2007 nya, daripada mengeluarkan mesin yang baru untuk 2008, siasat Bartholemy tentu akan menghasilkan sesuatu.

“Kami tidak akan memperkenalkan motor baru dan ini, saya berpikir, adalah suatu usaha yang sangat positif,” ungkap Michael.

“Mempertahankan mesin yang sama dan membuat perubahan jika dibutuhkan adalah sesuatu yang saya percaya akan membuat kami lebih kuat. Mesin kami telah meningkat kinerjanya jadi kenapa harus membawa sesuatu yang berbeda?”

Bartholemy menambahkan bahwa, Kawasaki telah terikat dengan MotoGP sampai sedikitnya tahun 2011, tetapi juga mengkonfirmasikan untuk menerima para sponsor. Monster Energy, yang merupakan partner Kawasaki di AMA dan merupakan sponsor pribadi Hopkins, adalah nama yang paling sering disebut-sebut untuk mensponsori Kawasaki.

“Kawasaki sangat realistis mengenai biaya yang melibatkan proyek ini dan, lagipula, kami mempunyai suatu komitmen dari perusahaan untuk bertahan diMotoGP sampai tahun 2011,” ujar Bartholemy. “Tetapi ya, kami telah bekerja keras tahun ini untuk menarik minat sponsor besar dari luar dunia sepeda motor. Bukan hanya karena uangnya, tetapi mengenai kaitannya dengan pengenalan merek dan seterusnya pada pangsa pasar yang berbeda.

“Berarti kami tidak ingin hanya ditonjolkan pada majalah mengenai sepeda motor dan pada area lainnya di mana kami telah dikenal. Kami harus merintis pangsa pasar yang berbeda dan tidak hanya berkonsentrasi pada dunia roda dua saja di mana kami telah umum dikenal,” Bartholemy menyimpulkan.

Kawasaki mendapatkan satu podium di musim 2007, dimana Randy de Puniet mendapatkan podium kedua di Motegi, dan kami akan bergabung dengan para rival kami yaitu Honda, Yamaha, Ducati, dan Suzuki dengan memenangi podium pertamanya di MotoGP untuk musim 2008.

de Puniet telah bergabung dengan tim Honda LCR untuk musim 2008, sedangkan Anthony West -yang menggantikan Olivier Jacque sejak di Donington Park- tetap di Kawasaki dan menjadi mitra Hopkins.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: