Inikah Akhir dari alat bantu elektronik di MotoGP?

RCV212 2008Kejuaraan Dunia MotoGP yang tahun lalu didominasi oleh Casey Stoner, dikritik secara luas karena hasil kemenangannya yang sangat mudah. Dan statistik membuktikan itu. Di tahun 2006, rata-rata jarak kemenangan di MotoGP adalah 2.3 detik sedangkan tahun lalu rata-rata tersebut digandakan menjadi lebih dari 5.4 detik. Pemirsa Televisi di Eropa merosot, yang merupakan pasar utama MotoGP.

Chairman MotoGP Carmelo Ezpeleta berkata bahwa, waktunya telah tiba untuk mempertimbangkan suatu standard ECU dalam rangka membatasi perkembangan teknologi elektronika di MotoGP. Dengan demikian, ini berarti mengikuti balapan Formula 1 yang telah melarang kontrol traksi.

Tetapi dengan jelas kritik yang paling berpengaruh disampaikan oleh Valentino Rossi, yang tidak menyukai kontrol traksi sejak kali pertama dia mencobanya. Dia berkata, Sesungguhnya keputusan dia untuk tidak jadi pindah ke Formula 1 sebagian besar adalah karena kontrol traksi tersebut yang sangat mengganggu.

Ironisnya, Formula 1 akan terbebas dari kontrol traksi dan menggunakan suatu unit standard ECU pada semua mobil di tahun 2008, sedangkan di MotoGP kontrol traksi kini adalah sesuatu yang penting, terutama untuk para pendatang baru.

Rossi percaya bahwa ketika dia naik tingkat ke kelas 500cc di tahun 2000 segala sesuatunya lebih sulit. “itu benar bahwa saya cukup cepat ketika mulai di MotoGP, tetapi itu masih sepenuhnya berbeda,” ungkap Rossi. “Perbedaannya adalah ketika kamu ingin kencang di kelas 500cc kamu terpaksa harus menanggung risiko dan seringkali kamu akan terjatuh dengan hebatnya. Sekarang nampak tidak banyak pembalap yang jatuh dan lebih mudah untuk menemukan batas dari motornya.”

 sumber: Luc Fradette

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: