Yamaha Meluncurkan YZR-M1 2008

Rossi and LorenzoYamaha secara resmi meluncurkan YZR-M1 2008 di kampung halaman sponsor mereka (FIAT) di Turin Italia, Jum’at, 8 Januari 2008.

Gelaran tersebut di pandu oleh bintang TV Italia Simona Ventura dan mengambil tempat di Lingotto yang merupakan bangunan bersejarah, yang dahulunya adalah pabrik mobil Fiat pertama yang berdiri sejak 1923 sampai 1982.

Setelah dua kali berturut-turut gagal mempertahankan dan merebut gelar juara dunia, Valentino Rossi, banyak menaruh harapan pada M1 yang baru – yang mana dia telah jelaskan bahwa harus ada suatu peningkatan yang substansil atas model 2007, jika dia ingin meraih mahkota gelar keenam di premier-class, kelas para raja.

Berbicara di peluncuran motor baru Yamaha, yang mempunyai jubah (fairing strips) serupa dengan tahun lalu, Rossi – rambutnya dicukur pendek sama seperti rekan setimnya Jorge Lorenzo – nampaknya optimis tetapi dengan penuh kehati-hatian.

“Saya sangat senang kita sangat dekat dengan dimulainya balapan musim 2008,” ungkap Rossi. “Ini merupakan tahun yang sangat penting untuk kami dan tujuan kami hanyalah untuk menang, walaupun itu merupakan pekerjaan berat. Tanganku (yang cedera pada seri penutup di Valencia) sekarang lebih baik, walaupun belum sepenuhnya sempurna, saya menantikan berada diatas sadel motorku kembali di Sepang minggu depan. Semua orang telah bekerja keras selama musim dingin dan saya pikir motor baru kami cukup baik, walaupun tentu saja kami masih mempunyai banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Semua orang sangat termotivasi dan saya tahu kami mempunyai tim yang terbaik.”

Rossi terpuruk ke posisi tiga pada Kejuaraan DuniaMotoGP tahun 2007, tertinggal 126 poin di belakang Casey Stoner, dan hanya terpaut satu poin di belakang Dani Pedrosa. Rossi tahun lalu hanya memenangi 4 seri, yang merupakan jumlah kemenangan terburuk sejak tahun 2000.

The Doctor – yang memenangi tiga kali kejuaraan dunia berturut-turut di premier-class dengan Honda sebelum pindah ke Yamaha di tahun 2004, dimana dia melanjutkan titel juara dunianya 2 kali berturut-turut – dan merupakan satu-satunya penunggang M1 yang memenangi seri kejuaraan dunia sejak Max Biaggi di tahun 2002.

Rossi telah pindah ke ban Bridgestone untuk musim 2008, sedangkan rekan setimnya Lorenzo akan menggunakan Michelin, memaksa pit garasi pabrikan Yamaha untuk dipisah dua guna melindungi data pemakaian ban yang sensitif antara Bridgestone dan Michelin.

Di samping pembatasan mengenai pembagian data, Lorenzo Juara Dunia 250cc dua kali berturutan – setidaknya akan memburu gelar “Rookie Of The Year 2008” – dengan progress-nya yang baik dan menantikan akan musim 2008 ini.

“Saya sangat senang dapat berada di sini, dengan orang-orang ini, motor ini dan di tim ini,” tegas Lorenzo. “Saya mempunyai suatu jalan panjang mengenai pengembanganku tetapi saya terus meningkatkannya setiap kali saya menunggangi motorku dan terutama test terakhirku sangat baik. Saya sangat bergairah musim ini dan dan merupakan suatu penghormatan besar untukku berbagi garasi dengan Valentino, yang tak perlu ditanya lagi merupakan seorang yang mempunyai bakat segudang di olahraga ini.”

“Perubahan yang paling utama di tim kami adalah kedatangan Jorge Lorenzo sebagai rekan setim Valentino yang baru,” ungkap Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing. “Tujuan kami adalah untuk merebut kembali titel kejuaraan dan, sebagai pengendara yang paling berpengalaman, ini jelas adalah misi Valentino Rossi.

Bagaimanapun juga kami harapkan Jorge untuk berjuang di didepan sambil meningkatkan pengalamannya. Kami Mempunyai dua juara dunia di tim kami dan kami percaya kami mempunyai kesempatan maksimum untuk mewujudkan ambisi kami.”

Colin Edwards dan James Toseland di tim Tech 3 akan juga berlomba dengan spek YZR-M1 2008 terbaru.

Motor baru Yamaha akan mencatat debut MotoGP pertamanya selama pengujian di Sepang pada 22 Januari nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: