Petikan Wawancara dengan Valentino Rossi

Valentino RossiWawancara berikut dengan MotoGP superstar Valentino Rossi digelar oleh Fiat Yamaha saat peluncuran Motor Barunya, diadakan di Turin, Italia.

Bekas juara MotoGP 5 kali mengarahkan sasaran untuk merebut kembali titel kejuaraan dunia di 2008, dan dia juga telah berpindah dari ban Michelin ke Bridgestone…

T: Valentino, pertama-tama dapatkah kamu ceritakan pada kami mengenai keadaan tanganmu setelah cedera di Valencia?

Valentino Rossi: telah banyak lebih baik dari sebelumnya! saya menyempatkan untuk beristirahat setelah Valencia dan tidak mengikuti pengujian di Sepang, tetapi di Jerez pada penghujung November saya telah dapat berkendara. walaupun masih belum sempurna dan masih agak sedikit sakit, terutama pada hari terakhir ketika aku selesai lebih  awal sehingga tidak berlebihan, tetapi tidak mengapa. Setelah mendapat perawatan tambahan kembali saat Natal saya pikir saya akan kembali 100% untuk test pertama di 2008.

T: Setelah akhir musim yang mengecewakan, apakah kamu mampu memerlukan banyak waktu untuk beristirahat dengan sepenuhnya dan secara penuh pulih sebelum memulai sesuatu yang baru?

Valentino Rossi: Ya, penting untuk meluangkan waktu beberapa saaat untuk meletakkan hasil yang buruk musim 2007 di belakangku dan tentu saya banyak berfikir mengenai tahun itu. Tetapi setelah menghabiskan musim dingin untuk bersantai dan menyetrum kembali baterei-ku, saya tidak lagi merenungkannya dan sekarang saya menantikan akan musim yang baru.

T: Anda telah membuat perubahan besar pada ban Bridgestone musim ini. Dapatkah kamu ceritakan kesan pertamamu mengenai ban baru Anda dan perkembangannya sejauh ini? Apakah kamu senang dengan keputusan tersebut?

Valentino Rossi: Sangat mengasyikkan untuk mencoba ban yang baru untuk pertama kali, dan aku ingin sekali melihat dan menemui orang-orang baru dimana saya akan berkerjasama dengannya. Test yang pertama adalah kira-kira melihat mutunya dan menyesuaikan motor kepada ban yang baru, tetapi dari permulaan aku senang dengan keputusan kami dan aku sedang melihat untuk bekerjasama lebih lagi dengan Bridgestone dan memahami lebih banyak mengenai ban mereka. Ini merupakan perubahan besar, tetapi aku positif mengenai tantangannya.

T: Anda pasti mempunyai beberapa pengalaman mengendarai prototipe M1 2008. Apakah sejauh ini Anda senang dengan itu?

Valentino Rossi: Kita telah memperkenalkan beberapa bagian motor yang baru sepanjang penghujung musim 2007, seperti logam penutup mesin yang baru, beberapa pengaturan suspensi, dan yang lainnya. Jadi dapat dianggap bahwa di Jerez saya telah mengendarai spek terbaru, mencakup beberapa pemetaan elektronik yang baru, dan kesan pertamaku cukup positif, walaupun tentu saja kita masih mempunyai jalan yang panjang. Saya telah memberi umpan balik ke Yamaha dan saat musim dingin, mereka menggunakan data dariku, dan data dari pengendara Yamaha lainnya , untuk pengembangan lebih lanjut. Di permulaan pengujian pada bulan Januari kita akan mulai bekerja eksklusif dengan motor terbaru dan saya sedang menantikan akan hal ini.

T: Apa area spesifik yang Anda harus konsentrasikan untuk ditingkatkan sebelum seri pertama di Qatar?

Valentino Rossi: Kita perlu banyak waktu untuk menemukan sebanyak mungkin mengenai ban Bridgestone dan untuk meyakinkan motor kami bekerja maksimum dengan mereka. Kita juga memerlukan banyak waktu untuk kembangkan mesin yang baru dan memastikan kita dapat lebih baik untuk top speed. Sungguh beruntung kita mempunyai empat test sebelum seri pertama di gelar dan saya yakin bahwa kami dalam kondisi yang baik musim ini. Motivasinya tinggi dan semua orang sedang berusaha 100%.

T: Apakah kamu menantikan akan lomba malam di Qatar? Sebagai anggota komisi pengawas keselamatan, apakah kamu senang mengenai persiapan mereka pada sirkuit untuk gelaran ini?

Valentino Rossi: Terus terang saya sungguh senang mengenai gelaran ini, saya berpikir itu adalah suatu cara yang menyenangkan untuk memulai suatu musim; menarik untuk para penggemar dan sesuatu yang berbeda untuk para pengendara! Tahun lalu kami, komisi pengawas keselamatan, melangsungkan suatu pengujian pada sebagian track dari sirkuit dengan motor jalanan dan memberi kami umpan balik kepada sirkuit mengenai perubahan yang mereka perlukan sebelum lomba bisa dimulai. Keraguan utama kami adalah bayangan – perlu sesuatu yang sangat terang agar bayangan untuk tidak menjadi suatu masalah. Sayatidak dapat pergi saat pengujian disana pada bulan November oleh karena cedera tanganku tetapi tampaknya sirkuit telah membuat suatu pekerjaan yang sangat baik. Akan aneh pastinya tetapi saya pikir akan menjadi sangat lucu.

T: Apa tujuanmu untuk musim ini? Valentino Rossi: Tujuanku untuk menang, seperti halnya setiap tahunnya. Saya belum pernah juara dua tahun ini, merupakan suatu periode terpanjang dalam karir grandprix saya, dan saya sedang mengarahkan untuk memenangkannya tahun ini.

T: Apakah kamu berharap Stoner menjadi saingan utamamu lagi? dan mengenai pembalap lain adakah yang akan bersaing ketat?

Valentino Rossi: Tanpa suatu keraguan saya harapkan Stoner akan tetap cepat, atau lebih cepat dari tahun lalu, dan saya tahu kami butuh suatu perjuangan yang sengit untuk mengalahkannya. Tahun ini kita membalap pada ban yang sama dan saya akan menantikan pertarungan yang ketat dengannya. Pedrosa tentu saja akan berada dibarisan terdepan kembali seperti halnya banyak pembalap lainnya telah berpindah tim tahun ini dan saya pikir akan menjadi sangat menarik tetapi saya berharap semua orang menjadi kompetitif dari permulaan; Melandri, Hopkins, Capirossi, Vermeulen dan yang lainnya. Saya rasa musim ini akan sangat mengasyikkan.

T: Apa pendapat Anda mengenai rekan tim yang baru, Jorge Lorenzo?

Valentino Rossi: Ia adalah pembalap 250cc yang hebat dan saya rasa pasti ia akan menjadi pembalap MotoGP yang sangat baik. Setelah hanya beberapa pengujian dia telah menunjukkan suatu peningkatan yang besar dan ia tidak diragukan lagi cukup cepat. Saya rasa pasti ia akan menjadi rival yang baik di masa mendatang.

T: Regulasi mengenai ban telah sedikit diubah musim ini. Apakah Anda pikir itu cukup atau anda lebih senang agar regulasi tersebut dihilangkan sepenuhnya?

Valentino Rossi: Saya tidak terlalu memperhatikan mengenai regulasi ban. Kami sudah terbiasa dengan situasi sekarang dan walaupun saya berpikir adalah baik hal tersebut telah sedikit diubah, saya berpikir hal tersebut tidak akan membuat banyak perbedaan. Saya sedang memulai dengan ban yang baru dan saya tidaklah berpikir mengenai regulasi tersebut, saya hanya berkosentrasi pada pengembangan hubungan baruku dengan Bridgestone.

T: Apakah Anda ambil bagian dalam aktivitas balap lainnya sepanjang musim dingin, seperti reli mobil misalnya?

Valentino Rossi: Saya berencana untuk ikut seri Rally of Great Britain tetapi pada akhirnya aku sedang menguji ban baru Bridgestones di Jerez, yang tentunya lebih
penting! Seperti biasanya saya ikut reli Monza yang mana aku menang untuk kedua kalinya berturut-turut! Sangat menyenangkan untukku berkompetisi pada balapan seperti itu dan menang adalah sesuatu yang hebat!

T: Akhirnya, setelah dua tahun tanpa titel juara dunia, apakah Anda pikir motivasi untuk Anda dan untuk Tim Anda menjadi lebih kuat dari sebelumnya?

Valentino Rossi: Kita mempunyai suatu tantangan dan kesulitan yang baru di hadapan kita, dimana kita harus menang setelah dua tahun, tetapi dengan ban yang baru. Semuanya sangat menggairahkan dan motivasiku lebih besar dari sebelumnya dan begitu juga tim; Saya tahu bahwa semua rekan-rekanku sangat lapar akan kemenangan begitu
juga denganku.

5 Tanggapan

  1. my support only for you rossi,never give up

  2. W rasa tahun ini adalah tahun keberuntungannya Valentino Rossi, mudah-mudahan keberuntungan ini akan terus bertahan sampai musim balap MotoGP berakhir, & finally…. Vale bisa keluar jadi Juara Dunia Moto GP 2008. Good Luck ya Vale, Good Bless You……..!!!

    Kayaknya kalau tahun ini Vale jadi Juara Dunia, dia bakal ngelamar w deh wat jadi istrinya, byar ada yang bisa megangin payungnya pas mau balapan, jadi ga perlu jablay2 ga jelas yg megangin, he..he…100x

    W tunggu duda lho Vale…..!!!(kaya lagu dangdut ya ….!!)

  3. the king is comeback..!!

    I always believe that Rossi will be the world championship this year,

  4. wwwooooooowwww………….
    he is comebeck …………………..
    yeah,,, he is the king of thedoctor Valentino Rossi……….

    finally, Thedoctore the world championship this year……………!!

    i know Rossi is The King in MotoGP and in The World…………….

  5. Mau baca artikel Wawancara Eksklusif dengan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo? Kunjungi ke mari gan….. http://www.dapurpacu.com/wawancara-eksklusif-dengan-valentino-rossi-dan-jorge-lorenzo/

Tinggalkan Balasan

