Rossi Didera Masalah Set-up Motor.

Valentino RossiValentino Rossi mengalami masalah set-up pada motornya saat balapan di Qatar tadi malam dibawah siraman lampu yang konon katanya dapat menerangi 70 lapangan sepak bola standar Fifa!. Rossi berpendapat tim Fiat Yamaha harus melupakan data yang mereka dapat ketika masih menggunakan ban Michelin.

Seri pembuka musim 2008 yang baru saja digelar, Stoner berhasil naik podium pertama dan rekan setim Rossi di posisi dua yang menggunakan motor sama seperti Rossi tapi dengan ban yang berbeda (Michelin).

Rossi harus puas finish diposisi 5, turun 4 peringkat dari finish seri Qatar musim 2007 (runner-up).

“Saya rasa kami belum sepenuhnya siap dan set-up motor kami belum optimal,” ungkap Rossi. “Pada lap pertama berjalan dengan baik, tapi lap selanjutnya motor mulai sering bergeser. Saya rasa itu problem dengan set-up.

“Kami harus melupakan data setting yang telah didapat pada musim lalu dan memulai lagi yang baru agar motor dapat bekerja secara optimal. Saya sangat cepat saat late-braking, tapi saya lambat di tikungan dan bersusah-payah dengannya.

“Saya rasa kami perlu set-up motor dengan cara yang berbeda sama sekali, sebab ban yang saya pergunakan dipakai dengan gaya yang sangat berbeda.”

Rossi sempat memimpin di lap awal untuk tiga lap, kemudian disusul oleh Stoner, Lorenzo, Pedrosa, dan pada lap akhir oleh Dovisiozo.

“Saya tahu ini akan menjadi balapan yang berat,” lanjut Rossi. “Saya berharap dapat naik podium, dan saya mencoba menahan Pedrosa dibelakang saya dengan segala cara tapi saya tidak dapat melakukannya.”

“Ada juga hal positif yang saya dapati, motor kami memiliki mesin yang kuat. Saya memulai dengan cukup baik terutama pada lap-lap awal. Tapi kemudian kami dikalahkan, jadi kami harus menerimanya untuk dapat memperbaikinya.”

Rossi ditanya apakah masalah set-up ini akan muncul menjadi masalah yang lebih besar pada sirkuit-sirkuit yang belum pernah dilakukan pengujian: “Mustahil untuk mengatakannya, dalam beberapa hal ini (losail) merupakan sirkuit dimana kami mempunyai masalah dengannya saat melakukan pengujian sebelumnya (uji ban). Di Jerez kami lebih baik, dan di Malaysia kami sangat baik.”

Rossi menambahkan: “Para rival-nya sekarang sangat muda dan kuat, tapi saya pikir, setelah kami dapat memilah dan menyelesaikan masalahnya, kami akan dapat bertarung dengan mereka.”

Tinggalkan Balasan

