Rossi Berharap Menang di Shanghai.

Valentino RossiValentino Rossi yakin saat ini perpaduan motor dan ban Bridgestone telah siap untuk bergabung dengan Jorge Lorenzo, Casey Stoner dan Dani Pedrosa di daftar para juara MotoGP 2008.

Jagoan Italia tersebut finis ke-5, ke-2 dan ke-3 di tiga balapan perdananya dengan ban asal pabrikan Jepang tersebut, menempatkan dia di posisi 3 klasemen sementara, dan berharap GP Cina nanti Rossi dapat memecahkan paceklik juaranya selama tujuh kali balapan.

Dengan dua pembalap Michelin — yaitu rekan setim Rossi, Lorenzo, dan Pedrosa dari Repsol Honda — memimpin klasemen sementara, pabrikan ban asal Perancis tersebut telah berbalik dari kemorosotannya di musim 2007 menjadi ban yang cukup mendominasi sejauh ini.

“Kami sangat senang dengan hasil di Jerez dan Estoril sebab kami tahu disana merupakan sirkuit yang kurang menguntungkan bagi kami jadi kami disana untuk bertahan saja,”ungkap Davide Brivio, direktur tim Fiat Yamaha. “Dan sekarang sirkuit di Cina merupakan sirkuit pertama dimana kami dapat bangkit dan menyerang.”

Rossi finis ke-2 di balapan MotoGP pertama kalinya di GP China, yang mana sedang berada dalam kondisi buruk di tahun 2005, dan di 2006 tidak dapat meneruskan balapan gara-gara masalah dengan karet bundarnya, kemudian finih ke-2 dibelakang Stoner yang begitu digjaya dengan motor Ducati berbalut ban Bridgestone di tahun 2007.

“Setelah gelaran Estoril kami telah melakukan pengujian dan fokus utamanya adalah menguji ban Bridgestone dengan bahan yang akan digunakan di Shanghai,” ungkap Rossi. “Kami mendapati hal yang bagus dan saya harap kami akan memulai dengan kondisi yang baik. Kami telah menjalani tiga balapan dan saya pikir dua podium terakhir, khususnya di Estoril yang mana sirkuitnya kurang cocok dengan Bridgestone, menunjukkan bahwa kami telah membuat kemajuan yang baik dalam hubungan kami dengan ban, dan saya harap Shanghai merupakan sirkuit yang akhirnya dapat menyatukan kami.

“Posisi kami tidak begitu jelek di klasemen dan perjalanan masih panjang, tapi lawan kami begitu kuat jadi kami tidak boleh melakukan kesalahan dan kami perlu untuk mencoba mengumpulkan sebanyak mungkin poin dari sekarang,” Rossi memperingatkan. “Tahun lalu di Cina kami belum cukup mampu juara tapi tahun ini motor kami berkerja dengan baik dan, bersama dengan paket ban, saya rasa kami seharusnya dapat bertarung untuk kemenangan. Saya pikir balapan di tahun 2007 sangat mengasyikkan, pertarungan yang panjang dengan Stoner; tahun ini saya harap pertarungannya seperti itu dengan lawan-lawanku tapi dengan hasil yang berbeda!”

Tapi Brivio memperingatkan bahwa Rossi perlu untuk mengalahkan lawan-lawan yang banyak – minggu ini dan selanjutnya.

“Normalnya di Cina kami selalu kompetitif tapi tahun lalu kami tidak dapat juara, kami finis ke-2. Tahun ini kami akan mencoba lagi tapi kompetisi akan lebih berat sebab saat ini bukan cuma Stoner yang mampu bertarung untuk juara, disana ada juga pembalap lain yang kompetitif,” ucapnya.

“Sejauh ini musim 2008 merupakan musim yang sangat menarik dengan tiga juara yang berbeda di tiga balapan perdana,” ungkapnya. “Lorenzo anak baru yang sungguh mengejutkan dan ketiga mereka semua adalah anak muda dan generasi baru ini sangat kuat. Saya rasa sejauh ini pemenang tiga balapan lalu [Stoner, Pedrosa dan Lorenzo] adalah merupakan lawan terkuat kami di kejuaraan dan saya harap saat ini giliran Valentino.”

Trek lurus 1.2 km di Shanghai akan memperlihatkan bagaimana perkembangan mesin Yamaha dibandingkan tahun lalu, ketika Yamaha M1 lebih lambat 15kpj dibandingkan Ducati Desmosedici.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: