Rossi Puas di Posisi Dua.

Valentino Rossi at Catalunya

Kemenangan Dani Pedrosa memperkecil jarak dengan pemimpin klasemen sementara, Valentino Rossi, menjadi cuma tujuh angka saja. Rossi puas di posisi dua karena dia harus start di posisi yang cukup jelek yaitu sembilan atau grid ketiga akhir.

Setelah kualifikasi yang kurang baik dan hanya berada di posisi ke-9, butuh semalaman bagi para teknisi tim Fiat Yamaha untuk menempatkan kembali harapan bagi Rossi untuk berjaya di GP Catalunya.

“Malam sebelum balap para teknisi bekerja hingga tengah malam untuk memperbaiki masalah (masalah saat memasuki tikungan),” ungkap Director Team Masahiko Nakajima.

Ketika Rossi dapat melesat cepat di sesi pemanasan pagi membuat kerja keras tim tidak sia-sia, walaupun Rossi mengakui posisi start kesembilan membuatnya tidak mungkin mengejar Dani Pedrosa yang langsung melesat jauh sedari awal lomba.

Setelah gagal melepaskan diri dari kejaran Stoner, Rossi akhirnya didahului oleh Stoner di lap 17. Rossi kemudian bisa mendapatkan posisi keduanya kembali di dua lap akhir dan hanya selisih 2.806 detik dengan Pedrosa yang berada di posisi pertama.

“Saya pikir ini merupakan balapan yang bagus!” ungkap Rossi. “Sudah lama sejak kami bertarung untuk posisi puncak seperti tadi dan hari ini seperti tahun lalu dengan Stoner, tapi untuk posisi dua bukan pertama! Saya mampu untuk berada di puncak tahun ini dan saya sejujurnya sangat senang dengan hasil hari ini.

“Setelah tiga balapan yang cukup sempurna, sebelumnya merupakan hari yang cukup berat bagi kami tapi malam sebelum balap kami telah melakukan pembicaraan yang sangat baik sehingga hari ini kami dapat lebih kompetitif. Targetku adalah naik podium jadi posisi dua sangat baik untukku. Sekarang saya ingin melihat balapannya di TV sebab saya mendapatkan banyak kesenangan hari ini dan saya banyak melakukan ‘overtake’ yang bagus, M1 dan Bridgestone bekerja sangat baik hingga akhir lomba.

“Setelah saya mendahului Stoner saya mencoba untuk lepas darinya tapi tidak bisa, jadi saya pikir ini akan lebih baik jika saya bertarung hingga akhir. Hari ini Pedrosa sangat cepat dan saya pikir mungkin saja saya tidak dapat mendahuluinya walaupun saya mulai dari grid terdepan.

“Karena kita mulai di posisi kesembilan dan, dengan Pedrosa yang begitu cepat, dari grid ketiga itu sangat mustahil. Dalam situasi ini saya sangat senang kami hanya kehilangan lima angka darinya, kami masih memimpin kejuaraan dan saya mendapatkan balapan yang baik, jadi saya cukup puas!

“(hari Senin) kami akan melakukan pengujian dan saya pikir akan sangat menarik untuk mengetahui apa yang dapat kita temukan mengenai apa yang terjadi akhir pekan ini dan kami berharap dapat memperbaiki untuk di Donington. Terima kasih kepada tim dan selamat untuk Dani,” tambah Rossi.

Kemengan kedua Pedrosa musim ini membuat pembalap Honda tersebut hanya terpaut tujuh angka dengan pemenang tiga kali musim 2008 Valentino Rossi, membuat pengujian setelah balapan di Catalunya merupakan sesuatu yang penting.

“Tentu posisi awal mulai lomba membuat suatu pekerjaan berat buat kami dan, dengan Pedrosa yang sebegitu cepat, kami cukup puas dengan tambahan 20 angka,” ungkap manajer tim Davide Brivio. “Kami hanya membuang lima angka dan kejuaraan masih panjang; target kami untuk selalu berada di podium dan hari ini kami telah melakukannya. (hari Senin) kami akan melakukan pengujian dan kami akan menganalisa data dari akhir pekan ini dan mencoba untuk lebih mempelajari mengenai paket Yamaha-Bridgestone, sehingga nanti kami dapat lebih baik di Donington.”

Rossi merupakan satu-satunya pembalap Fiat Yamaha di lintasan hari Minggu, karena rekan setimnya Jorge Lorenzo harus absen akibat kecelakaan yang dialaminya saat sesi latihan bebas Jum’at sore.

“Sangat menyesal hari ini kami membalap hanya dengan separuh tim kami, dan atas nama seluruh tim saya berharap yang terbaik bagi Jorge dan kami melihat kedepan agar Jorge dapat cepat kembali bersama tim,” ungkap Brivio.

Tinggalkan Balasan

