Biografi Singkat Luca Cadalora

Luca Cadalora

Luca Cadalora

Luca Cadalora (lahir pada tanggal 17 Mei, 1963 di Modena, Italia) adalah salah satu mantan pembalap motor grand prix yang berasal dari Italia, aktif membalap dari tahun 1984 hingga 2000. Selama karirnya dia pernah menunggangi beberapa merek motor, yaitu: MBA, Garelli, Yamaha, Honda, MuZ, dan terakhir Modenas.

Telah mengikuti grand prix balap motor sebanyak 195 kali, dan menjadi juara dunia untuk kali pertamanya di kelas 125cc pada tahun 1986, kemudian merajai kelas 250cc selama dua musim, yaitu tahun 1991 dan 1992. Luca Cadalora berhasil mengkoleksi 72 kali naik podium, pole positions 29 kali dan lap tercepat sebanyak 30 kali. Terakhir kali Luca menang di GP Jerman tahun 1996 di kelas 500cc, dan grand prix terakhir yang diikutinya di GP Ceko kelas 500cc tahun 2000.

Di awal karirnya Luca Cadalora berhasil meraih gelar juara dunia untuk kali pertamanya di kelas 125cc tahun 1986 bersama Garelli dan kemudian di tahun 1991 dan 1992 merajai kelas 250cc dengan menunggangi motor Honda bersama tuner kenamaan Honda kala itu, Erv Kanemoto.

Di tahun 1993 dia bergabung di kelas 500cc sebagai rekan satu tim Wayne Rainey di tim Kenny Roberts Yamaha. Selama tiga musim di tim Kenny Roberts Yamaha, dia memperlihatkan prestasi yang cemerlang, berhasil sebagai Runner-up setelah Mick Doohan di tahun 1994. Kemudian Cadalora bergabung dengan Kanemoto di musim 1996, mengendarai NSR500. Meskipun minim sponsor, Cadalora berhasil meraih posisi ke-3 di akhir musim bersama tim Kanemoto Honda. Dia kembali bergabung dengan pasukan Rainey Yamaha untuk beberapa balapan di musim 1997, kemudian membantu mengembangkan motor balap baru yaitu MuZ di tahun 1998 dan 1999. Dia menutup karir balapnya bersama tim Kenny Roberts Modenas di tahun 2000.

Meskipun mempunyai bakat yang luas, Cadalora merupakan sebuah enigma. Dia tidak pernah berlatih sekeras yang dia bisa lakukan di setiap waktu yang diberikan tapi dia dapat saja mengalahkan para pembalap terbaik dunia dimana saat itu banyak sekali tampil pembalap berbakat. Luca Cadalora juga merupakan salah satu dari tiga pembalap luar Amerika yang berhasil naik podium pertama di sirkuit Laguna Seca (1. Luca Cadalora 2. Casey Stoner 3. Valentino Rossi).

Aktifitas Cadalora sekarang membuat permainan high-end untuk PC di kampung halamannya, Italia.

Satu Tanggapan

  1. pembalap yg bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: