Pedrosa akan Mencoba RC212V Pneumatik di Brno.

Dani Pedrosa

Dani Pedrosa

Dani Pedrosa akan menguji motor Honda RC212V berkatup-pneumatik saat pengujian paska-balap di sirkuit Brno pada tanggal 18 dan 19 Agustus nanti.

Masalah yang dihadapi mesin Honda berkatup-pneumatik pada tes pra-musim membuatnya kembali ke katup konvensional (per) untuk memulai musim, sejak itu dilakukan pengembangan secara paralel dari kedua tipe mesin tersebut.

Pedrosa telah membuktikan performa mesin berkatup-per, dengan delapan kali naik podium – termasuk dua kemenangan.

Akan tetapi, rekan satu timnya Nicky Hayden tidak pernah merasa nyaman dengan mesin berkatup-per di sasis 2008 dan berpindah ke pneumatik secepatnya, saat GP Inggris pada 22 Juni lalu.

Honda telah memperingatkan bahwa mesin pneumatik-nya masim perlu penyempurnaan dan, meskipun telah dapat mendongkrak performa Hayden, dia juga mengalami masalah teknis – yang patut dicatat ketika dia kehabisan bahan bakar di tikungan akhir saat di Assen, menyebabkan dia kehilangan podium pertamanya untuk musim ini.

Karena alasan tersebut, Pedrosa berhati-hati mengenai pergantian mesin, tapi – sekarang dia tertinggal 41 poin dibelakang pemimpin klasemen sementara, Valentino Rossi – membisikkannya lebih baik untuk segera membuat perubahan segera daripada nanti.

“Motor akan dikerjakan di Jepang selama rehat musim panas,” ungkap pembicara dari Repsol Honda. “Pabrikan bekerja dengan dua arah yang berbeda, katup-per dan katup-pneumatik. Mereka mengembangkannya secara paralel.

“Setelah Brno, akan ada dua hari pengujian dan Dani akan menguji katup-pneumatik disana. Pada titik ini tidak tahu kapan Dani akan menggunakan motor berkatup pneumatik untuk balapan. Ini terserah kepada Dani yang menentukan baginya untuk bertarung di kejuaraan. Dia akan melihatnya setelah pengujian.”

Pedrosa memimpin puncak klasemen hingga dia terjatuh pada kecepatan tinggi saat GP Jerman yang diguyur hujan pada 13 Juli lalu. Mencederai tangan dan mata kakinya, yang membuatnya harus absen balapan GP Amerika minggu lalu.

Honda merupakan satu-satunya pabrikan Jepang yang masih menggunakan mesin berkatup-per di MotoGP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: