Top Speed MotoGP

Casey Stoner, 2007.

Casey Stoner, 2007.

Dengan alasan keamanan pembalap, FIM pada tahun 2007 menurunkan kapasitas mesin MotoGP dari 990 cc menjadi 800 cc. Padahal pembatasan tersebut tak mampu membatasi kecepatan motor.

Inti dari balapan adalah untuk menjadi lebih cepat untuk kemudian menang menjadi juara. Namun karena MotoGP sudah mencapai kecepatan yang dianggap mengkhawatirkan, pembatasan demi pembatasan pun dilakukan dengan alasan keselamatan pembalap.

Hingga saat ini Ducati adalah pencatat rekor top speed di ajang MotoGP. Saat masih bermesin 990 cc, Loris Capirossi dengan Desmosedici GP4 memecahkan rekor tersebut saat melaju dengan kecepatan 347,4 km/jam dalam sesi ujicoba di Catalunya.

Sementara setelah kapasitas mesin dipangkas menjadi hanya 800 cc gantian Casey Stoner yang mencatat rekor. Saat membalap di Shanghai tahun ini, pembalap Australia itu mampu menembus kecepatan 343,2 km/jam.

Dengan catatan tersebut, MotoGP hanya kalah tipis dengan F1. Kecepatan tertinggi yang pernah ditorehkan jet darat di atas sirkuit adalah 369,9 km/jam atas nama Antonio Pizzonia saat menggeber BMW Williams di Monza tahun 2004.

sumber: detiksport

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: