Rossi: Saya Tidak dapat Mempercayainya!

Casey Stoner dan Valentino Rossi

Casey Stoner dan Valentino Rossi

Stoner Crash

Stoner Crash

Valentino Rossi berhasil mengungguli lawan-lawannya dengan jarak poin 2 kali juara seri (50 poin) setelah berhasil menang dengan mudah di GP Ceska hari Minggu kemarin – Bintang tim Yamaha tersebut dapat menang dengan mudah setelah rival terberatnya Casey Stoner terjatuh saat sedang memimpin balapan di lap ke-7.

Rossi, memulai lomba dari posisi ke-2 dibelakang Stoner, kehilangan waktu di lap pertama karena sempat diasapi oleh John Hopkins – dan sepertinya berbahaya membiarkan sang juara dunia (Stoner) terus menjauh – tapi segera pembalap asal Italia tersebut menemukan ritmenya dan, mengejar ketertinggalannya atas Stoner sejauh 1 detik.

“Saya begitu yakin, sebab motorku cepat saat sesi latihan bebas hari Jum’at, dan Jeremy [Burgess] membuat modifikasi kecil di bagian depan saat sesi latihan pemanasan berlangsung yang membuatku sedikit lebih cepat di beberapa bagian, dan itu bekerja dengan sangat baik,” ungkap Rossi.

“Saya kehilangan sekitar setengah detik untuk dapat melewati Hopkins ketika lomba dimulai dan saat itu Casey sangat cepat, seperti dia telah menjalani 10 laps!

“Untuk beberapa saat saya khawatir tapi kemudian, setelah dua lap, saya tahu bahwa motorku bekerja dengan begitu baik dan itu cukup untuk dapat mengejarnya. Saya telah begitu dekat dan bertahap motor merah itu menjadi agak besar di depan ku, dan saya rasa itulah dimana dia terlalu memaksa dan akhirnya membuat kesalahan.

“Saya telah mengantisipasi pertarungan yang ketat jika saya dapat menangkapnya, jadi ketika saya melihat motor merah itu tergelincir keluar saya tidak dapat mempercayainya – ini membuatku lebih mudah!” senyum Rossi.

Bahkan, mereka berdua telah melebarkan jarak dengan pembalap dibelakangnya 11 detik saat Stoner terjatuh membuat Rossi membalap sendirian disepanjang 15 lap yang tersisa, dan melewati garis finis 15 detik didepan Toni Elias.

“Setelahnya [Stoner terjatuh] saya hanya menikmati motorku saja; ban Bridgestone bekerja dengan sangat baik hingga akhir dan M1 terasa sangat bagus. Tentu saja saya tidak dapat menghitungnya sebagai kemenangan yang sempurna sebab Stoner terjatuh, malang bagi dia, tapi inilah balapan dan saya juga harus senang dengan hasil ini,” tegasnya.

Rossi sekarang unggul 50 poin atas Casey Stoner dengan enam balapan lagi tersisa, sedangkan Dani Pedrosa merosot ke posisi tiga tertinggal 15 poin dengan Stoner.

“Kami unggul 50 poin dan itu banyak dan saya sangat bergairah untuk ke Misano dengan situasi seperti ini,” ungkap The Doctor. “Bagaimanapun juga kita tahu bahwa 50 poin belumlah cukup ketika anda mempunyai lawan seperti Casey, jadi kami tidak akan bersantai-santai.”

Tapi Stoner telah dua kali terjatuh selagi bertarung dengan Rossi, setelah kesalahan mengerem mengakhiri duel fantastisnya di Laguna Seca.

“Jelas sudah bahwa Valentino telah melakukan pekerjaan yang baik dari mulai lomba dengan tidak membiarkan Stoner terlalu jauh didepan, dan dia sekarang menyusun pijakan dan menaruh sedikit beban dengannya ketika dia terjatuh,” ungkapnya “Kita perlu mempertahankan keadaan ini dan tidak lepas konsentrasi, tapi kami telah mendapatkan dua balapan yang sangat bagus dan kami yakin bahwa kami sedang dalam kondisi yang bagus.”

Rossi saat ini bergabung dengan para pembalap MotoGP lainnya untuk melakukan pengujian penting paska-balap – dimana dia berharap dapat membuat M1-nya lebih cepat dengan menggunakan peralatan elektronik lebih baru.

“Kami akan mencoba beberapa elektronik baru guna membantuku dapat membuka throttle lebih awal dan juga, pastinya, menguji beberapa ban Bridgestone baru,” ungkapnya.

Rekan satu tim Rossi yang menggunakan ban Michelin, Jorge Lorenzo, menghasilkan yang terbaik dari situasi yang menyulitkannya, memulai dari posisi buncit dan dapat finis di posisi 10.

Tinggalkan Balasan

