Sirkuit Misano.

Sirkuit Misano dari Google Earth.

Sirkuit Misano dari Google Earth.

Sirkuit Misano (yang hingga 2006 dinamai Sirkuit Internasional Santa Monica) adalah trek balap yang berada di sebelah kota Misano Adriatico (Provinsi Rimini) di wilayah Santamonica.

Desain pertama sirkuit ini dikemukakan pada tahun 1969, namun pembangunan mulai dilakukan pada 1970 hingga 1972 dengan panjang 3,488 km dan langsung menjadi tuan rumah ajang balapan usai sirkuit rampung dikerjakan. Di tahun 1993, lintasan Misano diperbarui dengan panjang lintasan ditambah menjadi 4,064 km.

Selain lintasan, fasilitas trek juga dilengkapi, termasuk menambah pit garage dan podium penonton. Tahun 2005 akses masuk ke sirkuit dibangun dan diberi nama Daijiro Kato, pembalap asal Jepang yang senang menjalani kehidupan di wilayah Portovarde, Misano Adriatico.

Tahun 2006, renovasi sirkuit kembali dilakukan agar bisa kembali menjadi tuan rumah perhelatan seri balap motor. Pembenahan yang dilakukan adalah arah balapan yang disesuaikan dengan arah jarum jam (clock-wise) karena alasan keamanan, memperpanjang lintasan menjadi 4,180 km, memperlebar trek menjadi 14 meter, meningkatkan fasilitas sirkuit dan keamanan.

GP Misano juga baru digelar lagi setelah absen lebih dari satu dekade penyelenggaraan. Pertama kali dihelat pada tahun 1980 hingga 1993, dan kemudian berhenti beberapa waktu lantaran renovasi sirkuit untuk kembali digelar tahun lalu. Total, sirkuit Misano sudah menjadi tuan rumah di 10 seri penyelenggaran.

Untuk parade juara, Kenny Roberts Sr menjadi orang pertama yang menjadi kampiun di seri GP kelas 500cc, tepatnya di tahun 1980. Namun hanya Eddie Lawson yang bisa meraih dua gelar juara, tepatnya di tahun 1985 dan 1986. Adapun rekor lap tercepat dicatatatkan Casey Stoner di tahun 2007 dengan catatan waktu 1 menit 33.918 detik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: