Doohan Mendukung Kepindahan Pedrosa ke Bridgestone.

Mick Doohan

Mick Doohan

Juara dunia lima kali GP 500cc Mick Doohan mendukung keputusan Honda untuk Dani Pedrosa berpindah dari Michelin ke ban Bridgestone di lima balapan yang tersisa musim 2008.

Berita bahwa Dani Pedrosa berpindah pabrikan ban di paruh musim ini mengagetkan jagat MotoGP, khususnya karena hubungan Honda yang selama ini telah terjalin lama dengan Michelin.

Tapi Doohan – yang telah menghabiskan karir tertingginya dengan Honda – berkata bahwa dia mengerti apa yang dilakukan Honda disituasi seperti ini.

“Saya pikir itulah jalan yang seharusnya ditempuh,” ujar Doohan. “Dia adalah harapan utama mereka dan saya pikir itulah yang mungkin Honda butuhkan.”

Dia memuji Pedrosa yang menjadi daya gerak dibelakang perubahan ini.

“Mereka nampaknya perlu beberapa arahan dimana saat ini nampaknya mereka tidak mempunyainya,” ujarnya.

“Setidaknya ada sesorang yang membimbing pertunjukan ini dan berusaha membuat beberapa hasil: itu pastinya adalah pemikiran yang positif.”

“Mereka telah kehilangan beberapa pemain kunci. Yang pertama Nicky (Hayden), meskipun dia pembalap hebat, dia tidak memiliki pengalaman yang mendalam ketika dia bergabung bersama tim jadi sepanjang bukan kesalahan yang dibuatnya dia diwarisi tim yang sebelumnya telah terbelah, jadi ini bukanlah posisi yang bagus untuk berada didalamnya. Dan kemudian datang Dani dari 250cc dimana dia juga berada dalam situasi yang sama.

“Timnya, meskipun mereka adalah orang-orang yang bagus tapi saya rasa mereka tidak mempunyai pemimpin jadi saya pikir Pedrosa seharusnya menjadi sekuat yang dia bisa dan kemudian mengarahkan tim ke jalan yang seharusnya mereka tuju.

“Pembalap umumnya merupakan komponen kunci dari tim tersebut. Jika seorang pembalap tidak dapat membuat keputusan maka tidak ada seorangpun yang mampu mempuat keputusan untuknya.”

Dia percaya keputusan tersebut merupakan cerminan positif atas Honda.

“Saya rasa ini pertanda bagus,” lanjut Doohan. “Setidaknya Honda telah memutusakan bahwa mereka harus mendapatkan hasil yang baik. Mereka perlu menyabet beberapa podium dan tampil didepan.

“Doohan berpikir bahwa Pedrosa membutuhkan waktu untuk penyesuaian ke Bridgestone, tapi meyakini bahwa keputusan Honda untuk memberikan motor spek 2008 kepada Shinya Nakano yang mempergunakan ban Bridgestone akan memudahkan transisi tersebut.

“Anda harus menyesuaikan motornya untuk dapat cocok dengan ban sebab kontruksinya sama sekali berbeda dengan apa yang mereka dapat dari Michelin,” ujarnya.

“Saya yakin bahwa tim Nakano kemungkinan mempunyai sedikit pemahaman bagaimana mereka bekerja, tapi saya kagum jika dia dapat berada di depan akhir pekan mendatang. Hebat jika dia bisa, tapi anda perlu sedikit pengujian sebelum tim dapat berusaha dengan ban tersebut.”

Pembalap legenda dari Australia tersebut merasa bahwa perubahan ban ini akan membangkitkan kembali prospek Pedrosa untuk merebut titel di musim 2009 nanti.

“Dia merupakan pembalap unggulan tahun ini jadi Anda dapat berharap dia juga akan menjadi pembalap unggulan tahun depan,” ujar Doohan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: