Kawasaki Berencana Keluar dari MotoGP!

Kawasaki quit MotoGP?

Kawasaki quit MotoGP?

Kawasaki mempertimbangkan untuk undur diri dari Kejuaraan Dunia MotoGP dengan segera. Menurut sumber yang ada, pabrikan Jepang tersebut rencananya akan membuat pengumuman mengenai hal tersebut pada hari Senin tanggal 5 Januari 2009 nanti, yang diharapkan akan menjelaskan perincian mengenai pengunduran dirinya dari balapan kelas premier tersebut.

Masih belum jelas mengapa Kawasaki akan keluar, Namun, besar kemungkinan alasan krisis finansial global dan hasil tim itu di kejuaraan menjadi pemicunya.

Kabar ini berhembus kepada penyelenggara MotoGP, dimana tim pabrikan yang ikut saat ini akan berkurang hanya menjadi empat pabrikan saja sementara saingannya, gelaran Superbike, bertambah dua dengan ikutnya Aprilia dan BMW.

Keluarnya Kawasaki yang mungkin akan segera terjadi ini akan membuat Marco Melandri dan John Hopkins akan absen di musim mendatang. Melandri sebelumnya berharap kepindahannya ke Kawasaki akan menyelamatkan karirnya setelah melalui musim yang buruk dengan tim Ducati di 2008.

“Saya harus menanti dan mendengarnya dulu, karena saat ini saya tak mendengar apa pun. Jika itu benar, maka saya cuma bisa berharap bangun pada 1 Januari dan itu semua ternyata cuma mimpi buruk,”

Kawasaki kembali ke kelas premier MotoGP di tahun 2003 dengan rencana yang tegas menjadi kontestan tetap, tapi sejauh ini mereka gagal mencatatkan kemenangan dalam kelas premier tersebut.

Podium tertinggi yang dicapainya adalah tiga kali di tempat kedua dalam tiga tahun dengan Randy de Puniet (Motegi 2007), Shinya Nakano (Assen 2006) dan Olivier Jacque (Shanghai 2005).

Di musim 2008 Kawasaki membayar mahal untuk merekrut John Hopkins dari Suzuki dan berharap ini akan memicu hasil yang baik di musim tersebut. Alih-alih memetik hasil gemilang pembalap asal Amerika tersebut malah banyak didera oleh cedera, Hopkins dan rekan satu timnya Anthony West juga mesti berusaha keras dengan handling ZX-RR yang kurang konsisten. Akhirnya, tempat kelima untuk Hopkins (di Estoril) dan West (di Brno) menjadi hasil terbaik yang dapat dicapai tim tersebut.

Sebelum ini, sudah ada tiga pabrikan asal Jepang yang menyatakan mundur dari ajang olahraga otomotif besar. Pada awal Desember Honda mengumumkan mundur dari F1, diikuti kemudian oleh Subaru dan Suzuki yang menyatakan takkan berkompetisi lagi di Kejuaraan Reli Dunia atau WRC.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: