Rossi Mengkritik Jadwal Balapan di Motegi.

Valentino Rossi, Pole Sitter di GP Jepang 2009.

Valentino Rossi, Pole Sitter di GP Jepang 2009.

Pemegang juara dunia MotoGP Valentino Rossi mengkritik keputusan menggelar grand prix Jepang di bulan April, setelah hujan memaksa sesi kualifikasi untuk dibatalkan.

Gelaran di Motegi sebelumnya digelar pada paruh akhir musim balapan sejak 2000-2008, namun kemudian dimajukan di putaran kedua di musim ini.

Pembatalan di hari Sabtu ini adalah kedua kalinya gelaran dibatalkan akibat turunnya hujan, yang sebelumnya juga di lakukan di Qatar sebelum lomba MotoGP di mulai.

“Tidak dapat di percaya,”  ujar Rossi. “Tahun lalu hampir di setiap grand prix turun hujan, namun tahun ini bahkan lebih buruk. Kita punya masalah di Qatar dan disini bencana.

“Sudah pasti ini bukan ide yang bagus datang ke Motegi di bulan April sebab cuacanya selalu buruk,” jelasnya.

Untungnya, cuaca diharapkan akan membaik pada hari Minggu, dengan posisi grid di tetapkan dari sesi latihan bebas, Rossi menempati pole position didepan pemenang balapan Qatar lalu, Casey Stoner dan rekan satu timnya di Yamaha, Jorge Lorenzo menempati grid ketiga.

Pada sesi latihan bebas Sabtu pagi tadi Rossi mendekati catatan waktu pembalap tercepat, Colin Edwards, yang mana dilakukan dalam kondisi lintasan basah.

“Jadi sekarang kami akan memulai balapan setelah 45 menit di lintasan kering dan 45 menit lagi di lintasan basah, dan saya pikir ini akan menjadi satu-satunya balapan yang tidak pasti!” ujar Rossi. “Kami beruntung karena kami punya catatan waktu yang bagus saat di lintasan kering jadi kami mendapat pole, dimana ini sangat penting dalam balapan disini namun mustahil dapat menjadi 100% karena sedikitnya waktu dan data yang didapat.

“Di kondisi basah tadi pagi setting kami berjalan dengan baik jadi saya pikir kami akan dapat bertarung dalam kondisi hujan ataupun kering, dan setelah semua itu sama untuk semua orang. Tentu saja saya lebih suka balapan dalam keadaan kering namun dari kesemuanya saya berharap tidak akan terjadi setengah hujan dan setengah kering, saya harap balapan berlangsung sepenuhnya hujan atau sepenuhnya kering kalau tidak ini akan makin menyulitkan.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: