Rossi menyesali kesalahan, bukan strategi.

Valentino Rossi, Juga Manusia.

Valentino Rossi, Juga Manusia.

Valentino Rossi meyakini bahwa pergantian dini ke ban kondisi kering di Grand Prix Perancis lalu dapat berhasil jika saja dia tidak terjatuh.

Sang juara bertahan gagal meraih poin setelah terjatuh di lap awalnya menggunakan ban slick di lintasan Le Mans yang masih lembab, sementara rekan setimnya Jorge Lorenzo tetap berada di lintasan agak lama dengan ban basah dan memenangi balapan, juga Dani Pedrosa – yang berbarengan ganti motor/ban dengan Rossi – berhasil menempati podium ketiga.

“Kami memulai balapan tanpa pernah merasakan satu lap pun dalam kondisi basah,” ujar Rossi kepada Italia1. “Di lap keempat saya mulai mendapat kesulitan, khususnya saat tikungan ke kanan motor kerap sliding, jadi saya memutuskan untuk ke pit.

“Menurut pendapat saya ini bukan keputusan yang salah, namun masalahnya adalah saya membuat kesalahan dan terjatuh. Memang mestinya lebih baik menunggu dua lap lagi untuk ke pit, sebab di titik dimana saya terjatuh dan di dua titik lainnya masih banyak genangan air. Saya melewatinya pelan-pelan, namun tentu saja belum cukup.”

Dia mengakui sedikit berjudi untuk mengalahkan lawan-lawannya dengan strategi, sebab jelas pembalap lainnya lebih cepat dalam balapan [kondisi basah].

“Tentu saja. Saya mesti berusaha keras dalam keadaan basah,” ungkap Rossi. “Saya mulai dengan bagus dan telah berada di posisi kedua, tapi ‘feel‘ kurang baik, Lorenzo membuka jarak, Dovisiozo dan Melandri dibelakangku mulai mendekat, jadi saya pikir lebih baik kembali ke pit segera untuk mengganti dengan ban slick.

“Ini bukanlah ide yang salah, sebab di kondisi yang sama di Motegi [tahun 2007] Capirossi berhasil menang setelah mengganti ban lebih awal. Masalahnya adalah saya membuat kesalahan: Saya kehilangan cengkraman roda depan setelah itu tidak ada lagi yang dapat kuperbuat.

“saya mencoba berharap mendapat satu poin dalam kondisi yang penuh perjuangan tersebut,dan juga untuk melepaskan amarah. Namun tidak ada pembalap didepan yang keluar, jadi ini merupakan nilai nol pertama kami di musim ini. Ini memalukan, kami akan memulai dari awal lagi di Mugello.”

Rossi berkata sepanjang akhir pekan di Le Mans adalah sesuatu yang mesti dilupakan.

“Ini akhir minggu yang buruk sebab kami punya banyak masalah, dan kami tidaklah sekompetitif yang kami inginkan,” ujar Rossi.

“Kami telah membuat kesalahan dalam mengset motor, cuaca tidak berpihak, jadi saya tidaklah sekuat seperti yang kami harapkan. Tentu saja kami mesti memahami apa sebabnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: