Rossi: Motor 800cc Jelek!

Valentino Rossi 'Sliding' 990cc

Valentino Rossi 'Sliding' 990cc

Valentino Rossi mencap keputusan untuk memangkas mesin MotoGP dari 990cc menjadi 800cc di 2007 merupakan “kesalahan terbesar di 15 tahun terakhir”.

Wawancara yang dilakukan Dennis Noyes dari Motociclismo, juara dunia MotoGP enam kali tersebut –juara dunia 500cc, 990cc dan 800cc– mengungkapkan:

“Motor 990cc ‘kasar’ dan ‘liar’, namun merupakan motor yang hebat dengan tenaga yang besar. Motor 800cc jelek, sama sekali jelek, motor yang sama dengan tenaga yang berkurang. Saya sangat sedih dari permulaan, sekarang telah membaik, ya… namun tenaga yang dihasilkan dari 990cc lebih menyenangkan”.

Rossi kemudian ditanya bagaimana pertunjukkan ini dapat diperbaiki bagi penggemar yang menonton di pinggir lintasan dan di TV — dan jawabannya terdengar menyakitkan bagi orang-orang dibalik perubahan ke 800cc.

“Bagiku penonton dengan 990 sama dengan yang 500. Ada banyak pertarungan dan ‘slide’ — inikah yang orang-orang mau, bukan? Motor 990 banyak sliding saat masuk tikungan, namun terlebih lagi saat keluar tikungan.

“Dengan motor 800… saya yakin bahwa 800 adalah kesalahan terbesar yang pernah dibuat di kejuaraan dunia di sepanjang 15 tahun terakhir ini. Kita kehilangan bagian yang terbesar dari tontonan dan ini akibat dari elektronik yang mengambil alih begitu banyak.

“Bagiku pabrikan membuat kesalahan besar ketika mereka mengubah ke 800 cc. 990cc jauh lebih baik.”

Pemangkasan kapasitas mesin dirancang untuk mengurangi kecepatan puncak, namun telah menghasilkan kecepatan menikung yang lebih cepat dan ketergantungan yang lebih banyak dengan elektronik.

Hingga saat ini malah motor 800cc mencatatkan rekor terbaru untuk ‘top speed’ MotoGP menjadi 349,4 kpj yang dibukukan oleh Dani Pedrosa saat sesi latihan pembuka untuk Grand Prix Italia.

Satu Tanggapan

  1. aku mau melihat rossi motpr baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: