Mattia Passini Ujicoba dengan Ducati di Mugello.

Hari pertama ujicoba dengan Ducati, Passini mencatatkan waktu 1 menit 52.8 detik, bintang 250cc Mattia Pasini tersebut kemudian berhasil mempertajam catatan waktunya menjadi hanya 1 menit 51.9 detik pada hari ketiga dan juga hari terakhir ujicoba di Mugello.

Mengendarai GP9 untuk kali keduanya setelah sebelumnya mencoba Ducati milik tim satelit, Pramac, pada ujicoba paska-balap di Brno, Passini juga merasakan pertama kalinya terjatuh dari motor MotoGP di hari kedua dan ketiga.

Pembalap berusia 24 tahun pemenang dari delapan seri kelas 125cc dan dua seri dikelas 250cc menderita nyeri di leher setelah jatuh yang kedua dan ia merasa dapat lebih cepat satu detik lagi.

“Ini pengalaman yang hebat dan positif dan saya rasa saya dapat saja membukukan lap lebih cepat lagi,” ujar Pasini, yang saat ini berada di posisi kelima klasemen sementara pembalap kelas 250cc bersama tim Toth Aprilia.

“Sayangnya saya terjatuh pagi ini di ‘Correntaio’, setelah melakukan permulaan yang kencang hingga hari ini dengan ‘feeling’ yang bagus setelah perubahan yang kami lakukan di akhir sesi kemarin.

“Perubahan membuat perbedaaan seperti hari ini saya dapat menjadi yang tercepat kedua pada kesempatan pertama. Saya tidak mengalami cedera parah namun leherku terasa sakit yang mungkin saja mempengaruhi gaya berkendaraku; Saya rasa bahwa kalau tidak saya akan bisa mempertajam catatan waktu sebelum akhir hari.

“Bagaimanapun juga, Saya ulangi bahwa ini merupakan pengalaman yang fantastis dan saya berterima-kasih pada Ducati dan tim yang memperhatikanku selama tiga hari ini. Kami akan menanti yang lainnya lagi nanti di Estoril minggu depan,” tambahnya.

Pembalap penguji resmi Ducati Vittoriano Guareschi, yang menguji pengembangan terbaru untuk 2010, membukukan catatan terbaiknya dengan 1 menit 51.7 detik sebelum akhirnya ia juga terjatuh, menutup sesi kali ini.

Sebagai perbandingan, lap tercepat di 2009 (kondisi basah/kering) grand prix Italia pada 31 Mei adalah 1 menit 51.186 detik, dibukukan oleh Valentino Rossi dari tim Fiat Yamaha. Lap tercepat Ducati dalam sesi latihan (kering) adalah 1 menit 49.323 detik dibukukan oleh Casey Stoner yang menjuarai seri tersebut. Yang paling lambat adalah Nicky Hayden dengan 1 menit 52.108 detik.

Saat Troy Bayliss menguji Ducati di Mugello pertengahan Mei tahun ini, juara tiga kali Superbike tersebut dan pemenang satu seri MotoGP menorehkan waktu tercepat 1 menit 51.2 detik.

Tinggalkan Balasan

