Valentino Rossi: Sang Pemecah Rekor!

The Doctor, The Flying Donkey, Gallina Vecchia.

The Doctor, The Flying Donkey, Gallina Vecchia.

Valentino Rossi meraih gelar juara dunia yang ketujuh pada hari Minggu kemarin di sirkuit Sepang, Malaysia. Menambah gelar juara dunianya menjadi sembilan gelar untuk semua kelas grand prix roda-dua.

Meskipun dia belum mengalahkan pemecah rekor untuk gelar juara dunia terbanyak namun Rossi punya daftar panjang rekor atas nama dirinya:

  • Rossi telah memenangi lebih dari 77 kali kemenangan di kelas 500cc/MotoGP lebih dari pembalap manapun dalam sejarah.
  • Rossi berhasil naik podium sebanyak 163 kali dari semua kelas grand prix, rekor sepanjang masa.
  • Rossi menyamai rekor Mick Doohan dalam pengumpulan pole position yaitu 58 kali pole position. Pole position yang ke-58 didapatnya pada kualifikasi Sepang Sabtu lalu.
  • Rossi merupakan pembalap Yamaha paling sukses sepanjang masa dengan 44 kali kemenangan dengan motor Yamaha.
  • Rossi adalah satu-satunya pembalap yang memenangi sedikitnya satu seri GP dalam 14 musim berturut-turut.
  • Rossi tidak pernah absen di GP sejak memulai debutnya di kelas 125cc di sirkuit Shah Alam, Malaysia, Maret 1996. Dia telah memulai 226 balapan GP beruntun dari semua kelas sejak itu; 166 diantaranya dikelas premier. Keduanya juga memecahkan rekor.
  • Hanya dua pembalap yang berhasil menang di kelas premier menggunakan dua mesin yang berbeda, mesin 2-tak dan 4-tak, yaitu Valentino Rossi dan Giacomo Agostini.
  • Jumlah 373 poin yang didapat Rossi di tahun 2008 melebihi rekor poin pembalap manapun yang dibukukan dalam satu musim.
  • Rossi merupakan satu-satunya pembalap yang menang di kelas premier dengan 4 tipe mesin yang berbeda; Honda 500cc 2-tak, Honda 990cc 4-tak, Yamaha 990cc 4-tak, dan Yamaha 800cc 4-tak.
  • Kemenangan Rossi di seri pembuka musim di GP Afrika Selatan tahun 2004 membuatnya menjadi satu-satunya pembalap yang menang beruntun dengan dua pabrikan yang berbeda (Honda kemudian Yamaha).
  • Di tahun 2004 Rossi juga menjadi pembalap kedua yang berhasil meraih gelar juara dunia beruntun dengan dua mesin yang berbeda. Eddie Lawson adalah pembalap yang pertama kali meraih gelar juara dunia dengan dua mesin yang berbeda, Yamaha di tahun 1988 kemudian Honda di tahun 1989. Sedangkan Rossi sebaliknya, Honda di tahun 2003 kemudian Yamaha di tahun 2004.
  • 11 kemenangan di tahun 2005 adalah jumlah yang terbesar kemenangan di kelas premier dalam satu musim oleh pembalap Yamaha. Rossi juga satu-satunya pembalap yang menang 5 kali secara beruntun di kelas premier dengan motor Yamaha.
  • Rossi pemegang rekor podium beruntun di kelas premier, 23 kali berada di tiga besar secara beruntun dari GP Portugal di 2002 hingga GP Afrika Selatan di 2004.
  • Rossi finis podium di 16 seri balapan di 2003 (Honda), rekor terbanyak naik podium, yang kemudian disamainya di tahun 2005 (Yamaha) dan 2008 (Yamaha).

4 Tanggapan

  1. rossi tu mang top banggetzzz….
    aku bangga moga aja tetep bertahan ya rossi…
    semangatzzzzz yuaaa

  2. emang rossi top bgt deh….pokoknya g ada yg bisa ngalahin “THE DOCTOR”

  3. Walaupun Rossi usia x suda kepala 3 ! Tp Jiwa dn smangatt x msii spt usia kepala 2 ! Usia bkn ukuran bgi sypa pn ! Tak terkecuali valentino rossi ! I luv U :
    Valentino Rossi , The Doctor , The fLiying Donkey , Gallina vecchia🙂 Tribu Dei Chihuahua😀

  4. gw udh bc semua pemech rekor.tp menrt gw cm rossi aja yang pantas di juluki sebagai the king motogp sepanjang sejarah.brsma ducati rossi masih bisa menambah kemnangan.go the doctor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: