MotoGP Menjadi 1000cc di 2012.

Peralihan mesin MotoGP menjadi 1000cc yang akan dimulai tahun 2012 telah disahkan oleh FIM.

Perubahan tersebut telah menjadi perdebatan sejak musim panas kemarin, dan secara resmi disetujui saat pertemuan Komisi Grand Prix kemarin.

Hanya konsep dasar mesin yang telah diungkapkan sejauh ini – dengan kapasitas sampai dengan 1000cc dan memiliki empat silinder dengan ukuran boring maksimum 81 milimeter. Presiden FIM, Vito Ippolito, mengatakan bahwa rincian lebih lanjut akan segera menyusul, ini cukup bagi pabrikan untuk mulai mempersiapkannya di 2012.

“Dasar ini memberikan kesempatan pada semua pabrikan untuk mulai bekerja,” ujarnya.

“Pada awal tahun depan kami akan memproduksi aturan-aturan baru dalam format yang lebih lengkap, tapi itu hanya basisnya; 2012 akan menjadi tahun dari era baru MotoGP.”

Pemegang hak komersial MotoGP, Carmelo Ezpeleta, menambahkan bahwa pertemuan lebih lanjut untuk menyempurnakan format yang ada akan berlangsung sebelum MotoGP musim depan dimulai.

“Hal ini telah disetujui dan antara sekarang hingga awal musim 2010, kita akan memiliki dua pertemuan untuk menentukan semua spesifikasi kelas baru ini,” katanya.

Ada kekhawatiran bahwa perubahan mesin MotoGP ke 1000cc akan terlalu dekat dengan aturan World Superbike, meskipun sebelumnya Ippolito menyatakan bahwa kemiripan mesin tidaklah relevan mengingat perbedaan penting antara kedua kelas yaitu MotoGP merupakan balap motor prototipe murni sedangkan Superbikes memiliki asal-usul dari motor jalanan.

MotoGP dimulai dengan mesin 990cc ketika menggantikan kejuaraan dunia 500cc pada 2002, tapi kapasitas mesin dikurangi menjadi 800cc di awal musim 2007.

Namun perubahan ini gagal untuk tetap mengurangi kecepatan menikung seperti yang diharapkan, dan menimbulkan kritik dari pembalap terkemuka yang merasakan tenaga yang rendah dan lebih bergantung kepada sistem elektronik seperti kontrol traksi yang berarti MotoGP menjadi kurang menantang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: