Stoner Menjelaskan Ducati Terbarunya.

Casey Stoner

Casey Stoner meyakini akan peluangnya dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP di 2010, dia berpendapat motor baru Ducati lebih tangguh dari tahun lalu.

Meskipun dia hanya berada di posisi keempat dalam klasemen akhir pembalap di musim lalu akibat absen di tiga seri, kemudian ia kembali dengan kekuatan baru dan memenangi dua dari empat seri terakhir yang diikutinya tahun lalu.

Stoner telah mengujicoba Ducati barunya pada akhir musim lalu di Valencia dan langsung terkesan akan performa motor tersebut.

Juara dunia 2007 tersebut meyakini bahwa peluangnya di musim mendatang sangat besar.

“Beberapa tahun terakhir saya pikir kami memiliki kesempatan yang baik untuk memenangkan kejuaraan,” ujar Stoner kepada wartawan dalam jumpa pers Wrooom di Madonna-di-Campiglio. “Keadaan berubah, kesalahan saya, dan itu suatu hal yang tak dapat kami hindari.

“Saya benar-benar menanti-nantikan tahun ini. Ini kali pertamanya saat off-season dalam tiga tahun terakhir dimana saya tidak sedang cedera atau menjalani semacam operasi (medis).

“Pada ujicoba terakhir di Valencia kami mencoba motor baru, konfigurasi mesin baru, saya benar-benar menyukainya. Kami memiliki lebih banyak traksi.

“Banyak yang telah kami kerjakan dengan motor tersebut menimbang bahwa Valencia adalah sirkuit yang sangat bagus untuk motor kami, kami masih dapat melakukan pekerjaan yang sangat bagus dengan konfigurasi mesin yang baru, membuat motor menjadi sedikit lebih stabil di sepanjang musim, jadi kami sangat senang dengannya dan kami percaya itu akan membantu di trek yang di waktu lalu menyulitkan kami.

“Pada saat ini kami sangat senang dan yakin dapat melakukan sedikit lebih banyak lagi di sepanjang musim nanti.”

Meskipun Stoner mengakui bahwa konfigurasi mesin baru Ducati kemungkinan akan memangkas kecepatan puncak motor, namun ia bersikeras bahwa pengendalian motor akan jauh lebih baik dan itu merupakan kompromi yang pantas.

Dia juga berpendapat hal itu akan memberi kemudahan bagi tim-tim satelit, yang biasanya kesulitan dengan motor tersebut di waktu lalu.

“Mengingat itu adalah ujicoba pertama mesin, performanya sangat baik,” tambahnya.

“Kami tentu saja kehilangan sedikit kecepatan puncak, tapi ketika mencoba di Valencia saya dapat lebih cepat keluar dari tikungan terakhir berkat traksi ekstra kita dengan akhir kecepatan tertinggi yang berimbang.

“Saya tidak tahu apakah kita akan kalah di kecepatan puncak, mungkin hanya pada trek lurus yang sangat panjang, tapi saya pikir di sepanjang lintasan kita akan lebih baik, membuat motor lebih mudah dikendalikan, kita akan membuat motor jauh lebih mudah ditangani. Saya pikir para pembalap di tim Pramac akan menyukai mesin ini juga.”

Stoner memperhitungkan, Valentino Rossi, juara dunia di dua musim terakhir, akan kembali menjadi pembalap yang harus dikalahkan pada tahun 2010.

“Jelas Valentino adalah salah satu yang harus dikalahkan. Dia memenangi kejuaraan dunia dua tahun terakhir secara berturut-turut.

“Terkadang Valentino sangat cepat di akhir pekan (sesi latihan) dan kesulitan pada saat lomba, lain kali Anda pikir dia kesulitan di sesi latihan dan dalam lomba ia mengeluarkan semuanya dan membalap dengan sangat baik.

“Jorge [Lorenzo] sedikit lebih mudah untuk ditebak. Ketika segala sesuatu tidak berjalan baik baginya selama akhir pekan biasanya dia tidak banyak berubah dalam lomba, sedangkan dia biasanya lebih sering tidak begitu bagus di sepanjang akhir pekan dan terus di perlombaan. Mereka berdua memiliki berbagai poin dan berbagai cara yang berbeda menghadapi balapan.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: