Stoner Dipastikan ke Honda di 2011?

Stoner di tahun pertamanya di MotoGP bersama Honda.

Casey Stoner ‘telah memutuskan’ untuk meninggalkan Ducati menuju Repsol Honda di musim 2011, menurut pengakuan dari orang dalam tim Ducati — juga Repsol Honda mengakui ‘tertarik’ untuk kembali memiliki Valentino Rossi.

Telah diberitakan awal bulan ini bahwa Stoner dan Honda telah memiliki semuanya kecuali kontrak kerja untuk Juara Dunia MotoGP 2007 tersebut beralih tim musim depan, sementara tim Ducati sendiri masih bungkam akan masalah ini, sebuah sumber dari orang dalam di tim Italia tersebut telah mengatakan kepastiannya.

“Sejauh ini Casey akan ke Honda tahun depan, saya pikir telah dilakukan kesepakatan,” ungkap salah satu ‘anggota tim level atas’. “Saya tidak memiliki bukti kuat dan saya tidak ingin dicatat, ini hanya firasat. Saya pikir dia sudah memutuskan untuk pergi. ”

Motivasi Stoner untuk bergabung dengan Honda antara lain adalah keberadaan mantan tim manajer Ducati Livio Suppo, yang ikut ambil bagian menjadikan Stoner sebagai juara dunia tiga tahun lalu dalam musim pertamanya di Ducati dan musim kedua berada di kelas utama. Dan di tahun 2010 Suppo pindah ke Honda untuk mengelola divisi marketing.

Lainnya adalah kesempatan mengembalikan pabrikan asal Jepang tersebut kembali meraih gelar juara dunia yang terlepas sejak tahun 2006, serta ambisi pribadi untuk bergabung dengan kelompok elit yang hanya Rossi, Eddie Lawson dan Geoff Duke sebagai pembalap yang berhasil mengklaim juara di kelas utama dengan dua merk motor yang berbeda.

Selain kemenangan dari Loris Capirossi di Grand Prix Jepang 2007 — dimana Stoner meraih gelar juara dunianya — tidak ada pembalap lain yang menang untuk Ducati sejak Stoner bergabung dengan tim.

Sakit yang menerpanya musim lalu (hingga absen di tiga seri balapan) merupakan sebuah hal yang diyakini telah menciptakan ketegangan dengan sponsornya, Marlboro. Juga dilaporkan agak terlalu banyak kecelakaan yang menimpanya — termasuk dua di tiga balapan pertama tahun ini — sementara itu Honda telah mengungkapkan keinginannya untuk memboyong Stoner.

Ini berarti salah satu dari dua pembalap Honda saat ini — Dani Pedrosa atau Andrea Dovizioso yang semakin mengesankan — harus keluar. Jorge Lorenzo dari Fiat Yamaha saat ini juga digadang-gadang akan menggantikan posisi Stoner di Ducati, meskipun Lin Jarvis (kepala divisi balap Yamaha) mengatakan tujuannya saat ini adalah untuk mempertahankan kedua pembalap Yamaha saat ini. Namun Yamaha telah mengatakan bahwa dia tak akan perang harga dengan Ducati untuk Lorenzo. Jadi kemungkinan ini sepenuhnya Lorenzo yang akan menentukan tim mana yang akan dibelanya musim depan.

Satu Tanggapan

  1. pertamax aja dah…
    Semoga kalo stoner udah nggak di ducati juga udah nggak sering ndlosor lagi…

    http://otomercon.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: